Kamis, 02 Agustus 2012

Kenapa Modem Smartfren Tidak Bisa Connect ?


Cara mengatasi modem smartfren tidak bisa connect

Ditengah kesibukan, kali ini eky kembali menyempatkan waktu untuk sedikit berbagi pengalaman bagaimana cara mengatasi Problem modem smartfren yang tidak bisa connect.
bisanya saat anda tekan tombol connect maka proses koneksi hanya sampai pada tahap authenticating, kejadian ini biasanya akan terus berulang2 tetapi tidak berhasil connect.


Ada 2 kemungkinan:

1. Mungkin anda telah mengganti kartu/Sim card smartfren yang sudah di lock dengan modemnya, untuk masalah ini anda bisa tanya langsung dengan menelepon CS smartfren untuk info bagaimana cara mengganti kartu/Sim card pada modem yang dilock karena bila kartu/Sim card yang sudah di lock dengan modemnya ada kemungkinan tidak bisa digunakan pada modem lain.
Ada spesifikasi tertentu sim card yang seperti apa yang bisa dipakai untuk modem tersebut.

2. Masalah driver atau setting yang menghubungkan modem ke usb PC bermasalah, Kadang ada problem bila satu port usb digunakan untuk lebih dari satu usb modem secara bergantian yang berpengaruh pada setting dan driver.
Menurut saya penyebapnya karena driver dan setting sambungan dari software applikasi smartfen tidak sengaja tertimpa driver dan setting dari modem isp lain menyebapkan applikasi smartfren tersebut berjalan pada jalur yang salah karena setting yang berubah. karena mungkin anda pernah menggunakan modem isp lain atau menginstall hardware yang mengharuskan pengintalan driver untuk menjalankanya melalui usb pada komputer tersebut.

Yang anda perlu lakukan hanya menginstall ulang sofware applikasi smartfren Connex yang berguna untuk menata kembali driver dan setting internet smartfen Connex secara otomatis.

Langkah:
Hapus dahulu software applikasi smartfren Connex tipe ***** (tergantung tipe smartfren Connex yang anda punya) menggunakan Ccleaner (download) lalu pada menu ccleaner pilih tools => unistall=> lalu cari smartfren Connex=> lalu klik tombol run uninstall.

Setelah berhasil menghapus software applikasi smartfren Connex lalu anda install lagi atau install ulang software applikasi smartfren Connex, caranya dengan melepas modem lalu masukanya lagi ke usb maka akan langsung muncul kotak dialog install secara otomatis atau cari direktori folder F:\Smartfren Connex tipe **** lalu klik pada setup (application).

Sekarang coba anda konek kembali applikasi smartfren Connex anda setelah melakukan langkah tersebut.


Tambahan:
  • Cek indikator sinyal, pastikan statusnya ada sinyal dan "koneksi tersedia"
  • Cek pada driver modem smartfren yang terinstall: Tanda tidak terpasang dengan baik, Bila posisi disable, harusnya enable dan jangan sampai muncul tanda seru kuning bila muncul ikuti “note dibawah”.
  • Cek username, password dan dialup number.
  • Cek pada properti pada setting koneksi manual (yang ingin dipakai)

Note: jangan merubah setting driver selain driver pada smartfren yang saya jelaskan disini, pada video saya gunakan cara disable atau enable pada driver, bila driver muncul tanda seru kuning coba install ulang driver sekaligus applikasi modem, atau pakai modem lain yang bisa terhubung ke internet untuk update driver langsung melalui koneksi internet.
Tingkat lanjut untuk memaksimalkan dan mempercepat proses koneksi saat terjadi “gangguan, tips, trik atau masalah lain” saya bahas di tutorial selanjutnya.......

Posting Lanjutan:

 Cara mempercepat koneksi internet modem

Mendeteksi Permasalahan Koneksi pada modem

Agar Modem Smartfren Bisa Terhubung Ke Internet

    41 komentar:

    1. makasinh saran bro. ane coba lsg connect

      BalasHapus
    2. gan,klo punya q setelah d instal ulang selalu bisa,tp sesudah d matikan selalu autetic lg,masa tiap buka hrus nginstal tyus,ada solusiny gk gan

      BalasHapus
      Balasan
      1. Untuk masalah ini coba tutorial manual koneksi dan nonaktifkan auto run, nanti tutorial setelah selesai semua saya edit post ini.

        Hapus
      2. coba gini klik appsnya dulu kalo dah kebuka baru colokin tu modem,
        cmiiw

        Hapus
    3. Gan, kalau dah instal dan berhasil tapi waktu di connect kok cuma detek sebentar lalu kembali lagi.. (ga berhasil terhubung ke internet)

      BalasHapus
      Balasan
      1. Maaf gan, setelah saya coba memang tidak bisa cara lain selain install ulang aplikasinya seperti tutorial diatas, karena pada saat tidak bisa konek memang ada kekacauan setting dan driver (setting tidak setabil).

        Mungkin kalau hanya menggunakan driver untuk koneksi saja dan koneksinya dibuat secara manual dari Network And Sharing Center mungkin lebih stabil, tapi saya belum coba cara ini krn dengan cara diatas sudah bisa.

        Hapus
    4. Kadang ga mau konek karena servernya belum siap atau tidak ada sinyal, coba agan tunggu aja beberapa saat lalu conect lagi. bila dalam jangka lama (berkali2 dicoba) tidak bisa konek maka modem bisa di install ulang.

      Cabut modem lalu pasang lagi (bukan install ulang) berguna bila ada driver yang belum terpasang dengan sempurna maka driver akan terinstall saat modem dicolokan.

      Memang agak sulit untuk membedakan masalahnya pada driver dan setting atau masalah server yang kadang belum siap dalam beberapa saat.

      BalasHapus
    5. Gan gw punya problem gini : *the modem (or other connection device) is already in use or os not configured properly * solusinya gimana...... Plzzzzz... Help meeeee, tank's b 4....

      BalasHapus
      Balasan
      1. (Harap aktifkan dan buat Sistem Restore Point Secara Manual dulu)

        Penyebabnya karena ada koneksi yang masih aktif.

        Coba cek setting manualnya pada Network And Sharing Center kadang bisa terjadi auto connect yang gagal yang menyebabkan applikasi modem tidak dapat konek karena sudah terpakai pada manual connection, bila perlu dihapus saja manual connection-nya.

        pastikan tidak ada hardware lain yang berjalan menggunakan usb, lalu Uninstall software aplikasi modem smartfren, lalu bersikan file2 sampah dan registry menggunakan Ccleaner, lalu install ulang software aplikasi modem smartfren tersebut dan coba connect-kan setelah driver terpasang dengan sempurna.

        Hapus
      2. Setup applikasi smartfren sudah ditanamkan setting yang benar jadi tidak perlu mengubah setting, kemungkinan memang ada koneksi yang masih berjalan pada salahsatu koneksi manual pada Network And Sharing Center

        Hapus
    6. Broo.. gua udah nyoba instal ulang, tapi ga connect juga... ada masalah apa berarti tuh? solusinya bagaimana biar bisa conect lagi?

      BalasHapus
      Balasan
      1. Di ikuti aja ya gan, nanti saya bahas agak banyak tutornya.

        Hapus
    7. gan msalahnya sama kaya agan gobel tapi punya saya langsung modem removed gan?gmna solusinya gan?

      BalasHapus
    8. gan modem ane malah g bisa konek ke laptopnya ?? tapi lampu di modem nyala ??

      BalasHapus
    9. modem saya sulit untuk digunakan, warnet wirelessnya kadang bisa connect kadang nggak, dan itu pun ngk bisa diconnect kan secara otomais jadi saya harus daftar lewat pengaturan yang diwarnet wirelessnya...gm solusinya...kadang pun tiba2 koneksi hilang sendiri

      BalasHapus
      Balasan
      1. Maaf karena saya tidak pernah menangani warnet wireless jadi saya tidak tau.

        Hapus
    10. gan ane ganti modem baru krn yang lama rusak tp msih pkai sim card smartfren yg lama, trus knp modem nya g bisa connect ya gan? help gan..

      BalasHapus
      Balasan
      1. Mungkin kartu lama agan sudah di lock dengan kartunya jadi ga bisa dipake di modem lain, untuk lebih jelasnya soal kartu bisa telepon langsung CS smartfren.

        bila memang katu di lock, silahkan agan beli kartu smartfren (yang untuk internet)yang baru untuk gantinya.

        di coba dulu untuk konek 1X (jangan lama2 karena hanya percobaan saja), bila bisa konek di komputer agan silahkan lanjutkan untuk paket yang di kehendaki.

        Hapus
    11. koq modem smartfren,,gak bisa aktivasi pket nyayah,,padahal uda aku paketin tapi gak bsa jga,, pas ngecek d 995 gak ada paket nya terdftar itu bemana gan???? :( help..

      BalasHapus
      Balasan
      1. Maaf untuk soal paket internet, saya tidak tau detailnya karena pihak smartfren yang lebih tau.

        Biaanya bila saya beli paket internet smartfren lalu mengikuti petunjuk pemakaian, saya selalu berhasil.

        Coba anda cek lagi caranya, ini link petunjuk resminya http://www.smartfren.com/data/

        Hapus
    12. salam kenal.. punya masalah nih, smartfrennya gak bisa connect.. ada tulisan the modem (or other connecting device) is already in use or is not configured properly. udah coba cara yang diatas masih gak bisa juga ni.. :( minta pencerahan yah.. :)

      BalasHapus
      Balasan
      1. Untuk indikator sinyalnya yang tulisanya evdo dan smartfren aktif atau tdk? bila indikator aktif (lihat tutorial selanjutnya) brarti bisa karena username dan pasword salah, atau ada koneksi aktif lain, bila tidak ada koneksi aktif brarti setting usename salah.

        Hapus
    13. Gan pngen tnya nih
      ane kan kmren bli voucer pulsa modem smart 100rb
      eh pas mlmnya d isi sma ane g bisa"
      ane kira krna gangguan, trs ane coba tnya sma tmn ane yg jg pke modem smartfren, eh ktanya sih bisa wlau rada ngadat ktanya.
      ane coba dah tuh nyetting" sndiri kan byasanya klo smartfren usernamenya psti smartfren eh ini ada mobile-8
      krna dbwah wktu itu ada tulisan Mobile-8 :/
      eh coba setting" lgi g sngaja kna hpus tuh yg Mobile-8
      eh pas d isi gbsa" pulsanya

      ane pke modem smartfren ce682

      mhon pncerahannya ya gan

      BalasHapus
      Balasan
      1. Untuk soal pulsa tidak ada hubunganya dengan setting usernamenya, mungkin pihak smartfren lebih tau kemapa tidak bisa isi pulsa, bila install ualng nanti setting tertata kembali., atau manual untuk username pasword isi smartfren, dial up number #777

        Hapus
    14. Gan ane sudah coba . Malah sudah berkali kali . instal uninstal , tapi kok tetep sama .. pas gua konekin di bawahnya tulisannya Disconecting .. padahal biasanya authenticating .. tuh knapa ya .

      BalasHapus
      Balasan
      1. Coba cek indikatornya gan, mbila indikator menandakan ada sinyal selanjutnya di cek setting dialup, Bila semua sudah benar tetapi server ada sedikit masalah, tunggu sampai server normal lagi.

        Hapus
      2. ini juga.. saya g konek'' kan saya coba di nb adik saya konek tapi di nb saya kok g konek'' gmn dong -_-

        Hapus
    15. thanks gan.. gua ikutin cara'' lu dan sekarang bisa lagi :D

      BalasHapus
    16. Permisi...mo tanya nih..
      Modem Smartfren AC682 ui sy cm sebentar connectnya di windows8
      trus selanjutnya ga mau connect.
      dicek diproperties modem removed. tp di Device manager masih ada (kebaca)
      dicoba uninstall...hny bisa sebentar..kesananya sama alias disconnect
      kira2 apanya ya bang?
      Please help me..
      Thanks B4

      BalasHapus
      Balasan
      1. Biasanya bila antara PC dan USB modem tidak tersambung, di properti munculnya tanda silang merah pada icon telepon, klo sperti itu tidak akan bisa konek karena tidak ada jalur pilihan untuk konek, coba indikator sinyal di modem maupun di open network gmn gan?, bila ada nanti bisa buat koneksi manual baru aja.

        Hapus
    17. Baca link dibawah posting krn sy akan lanjutkan dan perbarui bila ada yang ditambahkan.

      BalasHapus
    18. gan, aku dah coba teorinya tapi tetep gak bisa, padahal sinyal 4bar juga gk bisa konek ada tulisan authentication lamaa banget

      BalasHapus
      Balasan
      1. Tambahan agar tidak salah tangkap, Kartu lain (Sim Card) untuk pengganti yang saya maksut itu kartu smartfren (bisa dibeli di tempat penjual pulsa dan kartu (Sim Card), tapi lebih baik tanya langsung dengan Customer Service Representative Smartfren untuk soal penggantian kartu.

        Hapus
    19. Bila sinyal ada, ada kemungkinan:

      1. kejadian ini khusus untuk kartu yang dilock dengan modemnya, anda menggunakan kartu yang dilock (pernah ganti modem), saya pernah ganti dengan katu baru dan bisa dipakai, jadi untuk 'kasus saya' modem (saat beli satu paket) bisa dipakai dengan kartu smartfren yang lain tetapi kartu (saat beli satu paket) tidak bisa untuk modem lain karena dilock.
      2. server belum siap untuk merespon, bisa ditunggu sampai server siap.
      3. pada properti (klik kanan pada ikon target manual setting koneksi pada open network) pastikan jalur yang dipakai adalah jalur modem yang anda pakai sekarang.

      Note: bila pada open network ada tulisan CDMA coba koneksikan langsung dengan ikon CDMA.

      BalasHapus
    20. Gan,ane mau nanya dong.
      Kalo misalnya ada masalah sama Remote NDIS based Internet Sharing Device #3 gmn gan?

      Punya ane berkali2 di install ulang, tetep ga konek. Katanya ada masalah sama NDIS-nya.

      Ane pake smartfren DF79B.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Ini disebabkan karena Saat melakuakan penginstallan modem, OS gagal mencari driver yang sesuai, karena itu kita harus menginstall driver secara manual, dan yang anda alami adalah masalah driver "Remote NDIS" atau (RNDIS).

        1. Buka Device Manager (Cari saja dengan memasukan kata kunci "Device Manager" dipencarian windows (letaknya di kiri bawah destop, kolom pencarian akan muncul saat menekan tombol start).
        2. Cari RNDIS (ikon ini muncul tanda seru kuning karena tidak terinstall driver) klik kanan pada RNDIS dan pilih update driver.
        3. Pilih ”Browse my computer for driver software” (karena file sudah ada di komputer).
        4. Pilih ”Let me pick from a list of deice drivers on my computer”, anda diminta memilih salahsatu dari daftar kategory, lalu pilih ”Network Adapter”.
        5. Pada pilihan 'Manufacturer' pilih “Microsoft Corporation", lalu Pada pilihan 'Network Adapter' pilih “Remote NDIS based Internet Sharing Device”.

        Setelah berhasil menginstall driver, coba koneksikan modem anda.

        Hapus
      2. Bila cara ini gagal, mungkin cra ini tidak bekerja pada OS windows tertentu, bila ada sinyal pada indikator baik modem atau komputer, coba buat manual koneksi dulu untuk sementara waktu, karena 'menurut saya' kemungkinan hanya bermasalah pada driver wifinya saja http://id.wikipedia.org/wiki/Peranggitan (tethering) bukan driver untuk koneksi.

        Hapus
    21. kalo modem hape gmana ? bsa pke cara di atas ga
      masalahnya sama problem "remote NDIS based internet sharing device"

      BalasHapus