Sabtu, 22 September 2012

Cara Mengurangi Konsumsi Memori (RAM) Firefox

Firefox kadang-kadang menggunakan lebih banyak memori (RAM) dari yang seharusnya. Hal ini dapat membuat Firefox lebih lambat, bahkan dapat membuat crash. Artikel ini menjelaskan bagaimana untuk mengurangi konsumsi memori pada Firefox. Tergantung pada sistem operasi Anda, Anda dapat meninjau dan memantau penggunaan memori melalui alat khusus. Pada Windows, anda dapat menggunakan Task Manager caranya tekan Ctrl+Alt+Del untuk menampilkan penggunaan memori.

Cara Untuk Mengatasi Firefox Yang Menggunakan Memori (RAM) Terlalu Banyak:
  • Update Firefox ke versi terbaru
    Versi Firefox terbaru telah dilakukan perbaikan penggunaan memori.
    Update ke versi terbaru.
  • Ekstensi dan tema
    Ekstensi dan tema dapat menyebabkan Firefox untuk menggunakan memori lebih dari biasanya.
    Untuk menentukan apakah ekstensi atau tema yang menyebabkan penggunaan memori terlalu banyak bisa menggunakan Firefox Safe Mode untuk mengamati penggunaan memori. Dalam Safe Mode, ekstensi dan tema yang dinonaktifkan, jadi jika Anda melihat peningkatan yang signifikan, Anda dapat mencoba menonaktifkan atau menguninstall ekstensi dan tema yang tidak diperlukan.
  • Memblokir konten yang tidak perlu
    Banyak halaman web memiliki konten yang tidak anda benar-benar butuhkan seperti iklan dan flash yang menggunakan memori untuk menampilkanya. Beberapa ekstensi memungkinkan Anda untuk memblokir konten yang tidak perlu seperti:
    Adblock Plus (direkomendasikan) memungkinkan Anda memblokir iklan yang anda kehendaki di situs web. Flashblock (direkomendasikan) memungkinkan Anda untuk mengaktifkan dan menonaktifkan (blokir) konten Flash di situs dengan tipe kontent: Macromedia Flash, Macromedia Shockwave, Macromedia Authorware. Jadi jangan ragu untuk menggunakanya karena kontent bisa aktif kembali hanya dengan klik pada kontent yang mau di aktifkan secara manual.
    NoScript enlable/dislable scripts.
  • Menonaktifkan plugin yang memakan banyak memori Plugin digunakan untuk menampilkan jenis konten tertentu contoh plugin contohnya seperti Flash Player. Plugin dapat mengkonsumsi sejumlah besar memori, terutama versi yang lebih lama maka plugin perlu di-Update.
    Untuk memeriksa untuk melihat apakah Anda memiliki versi terbaru dari semua plugin Anda, Bisa dicek disini :
    Plugin Check page.
    Anda dapat menguji untuk melihat apakah salah satu dari plugin Anda menyebabkan Firefox untuk menggunakan memori terlalu banyak dan menonaktifkan yang tidak diperlukan.
  • Restart Firefox Penggunaan memori Firefox dapat meningkat jika dibiarkan untuk jangka waktu yang lama. solusi untuk ini adalah me-restart Firefox secara berkala, apalagi saat muncul tulisan “not responding” mau tidak mau anda harus restart menggunakan task manager-pilih firefox.exe-lalu klik kanan dan pilih end process.

  • Mengurangi penggunaan tab
    Masing-masing Tab membutuhkan memori untuk menyimpan halaman web. Jadi jangan terlalu banyak membuka Tab agar tidak banyak memakan memori.
  • Atau cara yang tidak saya sarankan tetapi bisa anda lakukan dengan Menonaktikan Javascript, Tidak membutuhkan addons dengan cara ini maka semua situs yang tidak akan menampilkan kontent yang menggunakan javascript untuk menampilkanya dan tampilan situs menjadi kacau, biasanya kontent ini yang membutuhkan memori besar untuk menampilkan misalnya bila kita bermain game online atau bufering video. Cocok bila anda hanya membutuhkan tulisan saja saat browsing, bisa diaktifkan lagi bila ingin menampilkan kontent javascript.
Cara untuk menonaktikan Javascript, Pada menu atas firefox klik Tools->Content->Lalu uncek pada Enable Javascript

Tutorial dibawah Ini juga bermanfaat untuk memecah pemakaian memori pada firefox

2 komentar:

  1. Artikelnya bagus, tapi kalo menurut ane.
    Buka website yang diperlukan, jika pada tab berikutnya tidak digunakan, lebih baik ditutup saja.

    Thanks,

    BalasHapus