Minggu, 16 Desember 2012

Berbagai Cara Untuk Menonaktifkan Startup Program

Sumber gambar www.glassdoor.comSemakin banyak startup dari perangkat lunak yang anda instal di komputer, maka semakin lama proses booting sampai dengan komputer siap dioperasikan karena menunggu selesainya proses startup program. Biasanya ada applikasi tertentu yang otomatis menanamkan startup saat pertama di-install. Bila anda ingin proses ini lebih cepat maka bisa dilakukan pengurangan startup beberapa program yang tidak digunakan yang membuang-buang sumber daya dan memperpanjang waktu startup.

Startup Programs di Windows, Startup beberapa program bisa dilihat dan dinonaktikan pada msconfig, hati-hati dalam melakukan perubahan dan setting pada msconfig. Jangan lakukan perubahan setting jika Anda tidak yakin tentang kegunaanya.
Cara menonaktifkan startup melalui msconfig:
  1. Klik Start, >klik Run, >ketik msconfig, lalu klik pada ikon msconfig yang muncul saat pencarian.
  2. Klik Pada tab Startup.
  3. Hilangkan centang pada program yang ingin anda nonaktifkan startupnya.
  4. Anda bisa restart komputer untuk melihat program sudah tidak melakuan startup pada proses booting setelah itu.
run
startup
Menonaktifkan startup melalui folder starup
Anda bisa menambah startup program dengan menyeret (dari ikon program pada destop) kedalam folder startup ataupun menghapus dengan membuang program dari folder startup. Ini direktori folder startup C:\Users\acer\AppData\Roaming\Microsoft\Windows\Start Menu\Programs\Startupmove
del
Menonaktifkan startup menggunakan CCleaner:
Cara nonaktifkan program startup dengan CCleaner (Link Download), Buka Ccleaner lalu klik tombol Tools di sisi kiri kotak dialog dan klik Startup untuk melihat daftar startup program. Untuk menonaktifkan startup program yang aktif, pilih program yang akan dinonaktifkan startupnya dari daftar dan klik Disable. Restart komputer Anda untuk melihat hasilnya.

Sumber gambar piriform.com

Menonaktifkan startup menggunakan dengan menghilangkan file startup yang terletak pada folder program
Cara ini berguna jika setelah mengikuti petunjuk sebelumnya tetapi program masih saja melakukan startup, Bisa karena startup tidak terbaca pada dengan menggunakan cara sebelumnya atau setelah menonaktifkan dengan cara sebelumnya masih belum berhasil. Contoh kasus kejadian ini saya alami pada saat saya ingin menonaktifkan startup pada applikasi modem Smartfren Connex EC***** milik saya. Ini terjadi karena pada aplikasi ini ada program autorun. Jadi autorun harus dihilangkan dahulu agar tidak melakukan startup.

Untuk mengunistall/Menghilangkan autorun:

  • Cari autorun pada folder C:\Program Files\Smartfren Connex EC***
  • klik folder autorun.
  • Klik AutoRunUninstall.
  • Anda bisa meliha perubahan setelah merestart komputer.
autorun







Tidak ada komentar:

Posting Komentar