Selasa, 25 Desember 2012

Master Password Browser Firefox Sangat Penting

Browser bisa dianggap suatu applikasi yang cukup penting karena setiap kita membuka PC pasti yang dibuka adalah browser. biasanya bila perangkat tersebut bisa menjalankan flash player maka bisa untuk menjalankan firefox, contoh bila memakai ponsel tertentu (Baca:jadul,lama) tidak dapat menginstall firefox karena tidak mendukung adobe flash player. Saat akan mengakses akun di suatu situs, biasanya sengaja atau tidak kita akan menekan tombol remember pasword, sebagai pengigat yang ditawarkan oleh browser, bila kita menekan tombol tersebut maka data username dan password akan tersimpan pada browser untuk login selanjutnya (tidak perlu mengisi username dan password lagi) dan celakanya, tanpa membuat master password maka orang lain bisa dengan mudah mengetahui data itu menggunakan tools pada browser, terlebih bila kit menggunakan perangkat publik (digunakan untuk bersama-sama) maka banyak kasus orang yang mengaku akun yang mengalami hack, padahal beum tentu itu adalah hack, tapi mungkin kecerobohan kita dalam menyimpan password.

gambar dibawah adalah data akun pada browser yang tidak terlindungi, username dan password bisa dilihat dengan mudah.



gambar dibawah adalah data akun pada browser yang telah terlindungi, untuk melihat data akun harus memasukan password.
master pwd

Gunakan Master Password Untuk Melindungi Data Login dan Password Yang Tersimpan di Firefox, Firefox dapat menyimpan username dan password yang Anda gunakan untuk mengakses akun yang telah anda buat pada suatu situs, seperti situs perbankan, jejaring sosial, blog, email, dan masih banyak lagi. ini sangat penting dan disarankan untuk Anda menggunakan password master untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan, misal Perangkat Komputer anda (Baca:Laptop,Notebook,PC) di curi. sebelum anda mengalami kerugian atas perbuatan orang tidak bertanggung jawab.

Cara Membuat master password
Firefox: "Tools -> Options –> security / Password –> Centang tulisan “use master password” –> Change master password –> Buat password yang diinginkan.
master pwd 1

Note: Bila anda memakai master password, maka pasti diminta untuk memasukan master password saat akan menyimpan,menghapus,melihat username dan pasword akun anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar