Kamis, 20 Desember 2012

Cara Mempercepat Koneksi Internet Modem

http://www.csmonitor.com/var/ezflow_site/storage/images/media/images/2010/0312/0312-internet-connection/7558777-1-eng-US/0312-internet-connection_full_600.jpgBagaimana optimalkan koneksi internet dari usb modem?, sekarang eky beranikan untuk mempublikasikan cara ini walaupun resikonya mungkin cara ini akan tidak bertahan lama karena ini mungkin salahsatu bug yang seharusnya tidak boleh untuk konsumsi publik.
Sekarang saya membahas koneksi internet dari modem smartfren untuk melajutkan posting sebelumnya, sebenarnya menurut saya koneksi internet isp ini cukup baik ( setidaknya sekitar 1tahun lalu sampai sekarang belum ada masalah cukup berarti). Bila anda mengeluh kenapa koneksi modem saya lemot (baca:lambat,lelet,lama) dengan catatan, yang saya bahas adalah koneksi yang masih wajar bukan karena dari isp sudah terlalu lambat jadi masih bisa di usahakan percepatanya, maka yang saya akan bertanya:
  • Apa jenis modem yang anda gunakan sekarang?
  • Berapa kecepatan/transfer rate data (kemampuan untuk mengirimkan data ke PC per detik) pada modem?, semakin tinggi kemampuan transfer rate maka semakin baik.
  • Seberapa besar hambatan yang dilalui modem untuk terhubung pada PC?, semakin besar hambatan maka semakin menurun kecepatan yang didapatkan, lebih baik menggunkan modem tipe USB tanpa ada perantara kabel sambungan.
  • Bagaimana kondisi sinyal di daerah anda?
  • Bagaimana kondisi PC anda?, setting untuk mengoptimalkan juga diperlukan agar tranfer data semakin lancar dan optimal. bila semakin banyak program yang menggunakan konesi maka saat browsing akan semakin lambat, jadi kurangi program yang memakan koneksi bila tidak diperlukan.
  • dll 
Saya tidak mungkin bisa membahas semuanya sekaligus dalam waktu bersamaan, ini beberapa cara untuk mengoptimalkan kecepatan internet anda setelah anda penjelasan diatas.

Pertama, kita bisa gunakan Software Gratis TCP Optimizer (Download), untuk mengoptimalkankoneksi internet. Program ini membantu untuk setting parameter TCP / IP di Windows untuk menyempurnakan sistem anda dengan jenis koneksi internet yang anda pakai. Alat ini menggunakan algoritma canggih dan bandwidth untuk menemukan kecepatan koneksi terbaik pada spesifik koneksi Anda. Pengoptimal TCP ditargetkan terhadap koneksi internet broadband, namun dapat digunakan untuk koneksi internet dari dialup.
tpc

Kedua, anda bisa menggunakan (Maaf trik sudah "co.id") tetapi pada saat dan keadaan tertentu cara ini tidak bekerja dengan baik (pada kasus saya, saat koneksi membaik biasanya pada tengah malam atau bukan jam sibuk).
applikasi ini cukup sederhana dan mudah digunakan tetapi manfaatnya cukup besar dalam hal tweak koneksi maupun untuk pelengkap mencari trik internet.
Saya sering menggunakan applikasi ini saat koneksi sedang jelek (lemot), dan memang terlihat perubahan speed yang sangat besar, saat koneksi hanya pada kisaran 5kbps sampai dengan 10kbps saya bisa meningkatkan 20kbps sampai dengan 70kbps, perbandingan yang cukup banyak. ini saya gunakan di browser firefox tetapi kita tidak dapat menggunakanya pada IDM.


  • OK, setelah anda download (Maaf trik sudah "co.id") dan ini konfigurasinya, extrak config setting pada direktory (Maaf trik sudah "co.id") tepatnya C:\Program Files\(Maaf trik sudah "co.id") agar mudah mencarinya.
  • Jalankan (Maaf trik sudah "co.id") dan load confignya
  • Sekarang buka firefox dan masukan setting (Maaf trik sudah "co.id")

Seperti yang saya jelaskan sebelumnya, pada kondisi tertentu cara ini tidak bekerja, biasanya bisa bekerja saat koneksi internet pada kondisi lambat (dengan syarat tertentu), jadi jangan heran kenapa justru tidak bisa browsing saat menggunakan cara ini, anda bisa setting tanpa proxy saat cara ini tidak bekerja.

Silahkan download (Maaf trik sudah "co.id")

Peringatan: menggunakan cara ini maka browsing sedikit macet2 jadi anda harus membiasakan diri dan mempelajari dahulu sebelum digunakan untuk kepentingan "mengolah data online" atau sejenisnya krn jika macet ditengah jalan mungkin data anda akan hilang (usahakan backup secara berkala).
Cara ini bekerja untuk modem smartfren, tetapi ini bisa digunakan untuk ISP lain dengan menggunakan konfigurasi lain.

Untuk setting proxy lebih dari satu bisa menggunakan cara link: FoxyProxy Addons Firefox Untuk Setting Proxy

3 komentar:

  1. Mengunjungi blog yang bagus dan penuh dengan informasi yang menarik adalah merupakan kebahagiaan tersendiri.... teruslah berbagi informasi

    BalasHapus
  2. bisa gak gan,,,kl yng cuma kita seitng di win 7 nya....jadi dioprek tu windows nya.......

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa.. lebih tepatnya oprek di koneksinya krn klo oprek di sytem pc kurang banyak membantu, Sayangnya bila cara ini sy publikasikan kemungkinan ga bertahan lama.

      Hapus