Sabtu, 08 Desember 2012

Agar Modem Smartfren Bisa Terhubung Ke Internet

Driver adalah syarat penting sebagai penghubung dari komputer ke perangkat lainya yang akan dijalankan dengan suatu applikasi ataupun secara manual dengan tools yang tersedia pada sistem komputer kita. Saat perangkat yang kita hubungkan dengan PC tidak dapat berjalan dengan baik, maka bisa disebabkan oleh driver yang tidak terpasang dengan benar (tidak lengkap).

Kali ini saya bahas modem Smartfren, Banyak yang mengeluh kenapa modem smartfren tidak bisa konek atau terhubung ke internet, pertama kita cek dulu indikatornya bila ada tanda sinyal yang bertuliskan EVDO dan Smartfren dan indikator pada Open Network jika ada sinyal maka saya hampir bisa pastikan bila applikasi dan driver sudah terpasang dengan baik dan siap di koneksikan tetapi bila tidak bisa konek maka kita cek setting Access number, username dan passwordnya, karena bila setting salah atau ada yang terlewat maka modem tidak dapat konek.
Indikator pada Open Network (bila tersambung driver modem dengan baik) saat koneksi tidak terhubung akan bertanda silang kuning dan ada pergerakan dari sinyal ISP tetapi bila driver bermasalah tandanya silang merah.

Setting dialup smartfren
Access number: #777
username: smartfren
password: smartfren


5
6

Sedikit membahas posting sebelumnya Kenapa Modem Smartfren Tidak Bisa Connect ?, pada saat kita unistall applikasi maka driver juga akan ikut terhapus tetapi anda juga bisa melakukan secara manual. Ini cara untuk meng-unistall driver secara manual (amati driver yang teristall saat proses Driver Software Installation).
37

Buka device manager (cara mencari, ketik saja pada pencarian windows pada kiri bawah layar dekstop) dibawah adalah gambar device manager saat belum ter pasang applikasi maupun driver smartfren, dengan kata lain masih kosong.
1
Proses penginstallan driver saat saya colokan USB modem ke PC (Laptop/Notebook)
2
Ini perubahan pada device manager saat driver terinstall
4
Diatas adalah gambaran untuk membantu anda memecahkan masalah, pada setiap driver yang terinstall jangan sampai muncul tanda seru kuning yang menandakan penginstallan driver bermasalah, bila terjadi coba copot lalu pasanga lagi modem yang terhubung biasanya ada driver yang belum terpasang, bila masih gagal lakukan install ulang applikasi modem.

Note: untuk yang bermasalah "connetion is already in use", coba langsung koneksikan melalui manual koneksi dengan membuat koneksi baru atau koneksi lewat Indikator pada Open Network (pada indikator sinyal ada tombol connect) dan bisa coba nonaktifkan autorun pada folder smartfren.
sementara saya bahas cara nonaktifkannya saja link: Cara Nonaktifkan Startup Smartfren

27 komentar:

  1. Makasih gan informasinya, ane lagi coba nih masih rada bingung....................

    BalasHapus
  2. Silahkan bila ada yang tidak paham :)

    BalasHapus
  3. gan mau tanya nih, modem saya tdk bsa connect d pc tapi waktu ane colokin k laptop tmn langsung connect..

    d pc tulisanny ug prtama "a device is about to be connected", lalu stelah beberapa lama kluar tlisan "the remote computer did not respond.for further assiatance. click more info or search help.

    kira" msalahny apa ya gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk masalah ini penyebabnya bisa bermacam2, bisa karena ada koneksi aktif yang gagal lalu koneksi baru tidak di ijinkan jadi muncul pesan tsb (setting standar koneksi hanya bisa 1 koneksi per komputer), jadi jangan sampai terjadi auto konek,

      Untuk sinyal pada indikator PC dan Modem bagaimana? bila ada sinyal kemungkinan driver sudah terpasang dengan baik lalu cek setting dialup number, username dan pasword, lalu cek pada properti (lihat open network) pastikan setting benar dan jangan sampai ada tanda silang merah pada ikon telepon bila silang merah (tidak ada sambungan pilihan)

      Cek pada Device Manager lalu cari "Modem" dan "Network Adapters" pastikan driver terpasang dengan baik (tetapi lebih baik install ulang modem agar tau driver mana yang gagal terinstall).
      Coba perbaiki dulu saja masalah dasar diatas.

      Bila anda pernah install software yang melibatkan winsock (biasanya software proxy), winsock perlu di reset kembali (anda harus tau dulu resikonya), tetapi tidak saya bahas karena beresiko perubahan setting akses internet secara menyeluruh.

      Hapus
  4. saya punya masalah sama kaya bagus aji, saya pake windows xp SP3 baru beli modem smartfren sudah saya register dan pas saya connect eh kaya gitu muncul tulisannya "the remote computer did not respond. for further assiatance. click more info or search help.
    padahal ga ada koneksi lain di pc ane ini.. install ulang modem juga sudah. ada solusinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pada device manager, untuk driver modem smartfren yang terinstall coba di cek gan... jangan sampai posisinya disable (pada posisi disable ada tanda panah kebawah), lalu pastika ada sinyal pada indikator sinyal, lalu pada properti pada setting koneksi internet pilih jalur koneksi yang akan digunakan, seharusnya bisa bila sudah jalur koneksi benar, bila ada tulisan "CDMA" pada open network coba konek paka jalur tsb.

      Buat koneksi manual untuk memastikan setting koneksi sudah benar dengan memasukan dialup number dan username password yang benar dan memilih jalur akses yang benar pada properti, atau coba dulu beli kartu smartfren (tidak usah diisi pulsa atau dipaketkan ke paket internet krn hanya percobaan)atau katu smartfren lain yang pastinya yang tidak di Lock untuk memastikan sim card anda tidak bermasalah (tetapi sy tidak menjamin bisa karena sy tidak tau kondisi secara langsung).

      Hapus
  5. Mau nanya nih,udh isi pulsa tp ttep ga bs conect..indikkator sinyal ada 1x dan EVDO tp item ga ijo.itu mksudnya ga ada sinyal ato gmn?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bila indikator ada 3sd4bar berarti tidak bermasalah pada sinyal, kemungkinan masalah seputar driver dan setting karena sim card pada posisi aktif tanpa pulsa-pun bisa dikonekan, nanti klo ada waktu saya coba tambahkan gambaranya, atau coba install ulang applikasi dari modem agar tersetting ulang lagi sesuai setting dari modem.

      Hapus
  6. mau tanya, saya punya masalah dengan router modem WIFI smartfren HR950B tidak mau konek ke internet. awalnya notebook saya tidak bisa mendeteksi sinyal wifi dari router, lalu saya mengisi pulsa 50rb dan sinyal wifi bisa saya terima namum pada saya masih belum bisa konek ke internet, keterangannya "no internet connection". Mohon pencerahannya, thanks..

    BalasHapus
  7. Maaf, karena saya tidak pernah menangani masalah wifi secara langsung jadi saya tidak punya gambaran tepatnya.

    BalasHapus
  8. bozzz...klo punya ku erornya malah koneksinya gg ada data yg download,,, jadi pas dilihat di statistiknya warna nya hijau semua...... nie gimana cra ngatasinya ya????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini masalah seputar jaringan, untuk pengaturan, driver dan system sudah ok.
      Pada pilihan jaringan pada applikasi modem coba pilih Mode Hybrid (Jaringan Mode 1x dan Mode EVDO) atau coba salah satunya krn mungkin salah satu jaringan bermasalah (biasanya pada saat koneksi aktif ad tanda seru kuning) bisa jg hanya jaringan daerah anda, pakai browser yang aksesnya langsung tanpa proxy bawaan browser atau tambahan oleh anda.

      coba masuk website http://www.smartfren.com/ atau m.facebook.com krn kadang domain ini mendapat akses tercepat atau coba akses pada malam hari sd pagi hari (bukan jam sibuk) rekomendasi akses http://www.smartfren.com/ atau data.smartfren.com krn tanpa paket internetpun bisa diakses.

      Hapus
  9. gan , modem ane bisa connect sih tapi pake browsing ndak bisa (malah ga ada respon dari modem) pas di pakai game online malahan lancar bos.. tolong pencerahannya trims

    BalasHapus
  10. @ atas : sama kayak gwa tuh!!!
    gimana nih kak eky!

    BalasHapus
  11. Edit (alasan: tidak keluar link): Untuk pertanyaan tgl 24 maret-25maret, Apakah sebelumnya anda pakai proxy? apa browser yang dipakai? rekomendasi pakai firefox karena aksesnya langsung tanpa proses kompres via server terlebih dahulu. Browsing tidak bisa, kemungkinan ada gangguan dari jaringan untuk sementara waktu, coba kunjungi url ini karena disana banyak yang membahas link: http://www.facebook.com/smartfren

    BalasHapus
  12. gan modem smartfreen saya versi lama yang ada lubang headsetnya
    begini gan saya mencolokan modem smartfreen dan keluar dasbord lalu erhenti di starting device bagaimana gan ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. bila pada open network terdeteksi sinyal, mungkin applikasi hanya mengalami hang, coba close scr paksa (end task) menggunakan task manager, lalu buka kembali applikasi modemnya. Penting: jangan close app via aplikasi krn bila posisi koneksi tersambung maka koneksi akan terputus.

      bila yang bermasalah applikasi modemnya, jd coba ganti dgn applikasi dari modem, bila modem sudah terdeteksi pada app lalu buat username dan password baru via opsi applikasi, sesuai setiing smartfren.

      bila driver sudah benar saat penginstallan maka artinya kita masih bisa melakukan koneksi manual pada melalui open network, karena prinsipnya applikasi dari modem akan melakukan koneksi dari open network, bila applikasi modemnya yang bermasalah agan bisa coba2 menggunakan applikasi dari bawaan modem lain (CDMA atau GSM yang mendukung) yang bisa menggunakan network tipe "hybrit (jaringan evdo dan 1X bisa berjalan bersamaan)" karena misal hanya evdo saja yang aktif, akibatnya 1X tidak aktif = tidak bisa menggunakan fitur SMS maupun Call (panggilan) tetapi asih bisa melakukan koneksi internet.

      Penting: Pada open network, bila tidak bisa konek, maka anda harus membuat koneksi baru yang ada setting username dan password (bukan cuma nomor dialup saja krn mungkin gagal konek) tepatnya pilih "set dialup conection".

      maaf bila penjelasan sulit di mengerti.

      Hapus
  13. gan.. kalau waktu di konek kadang bisa, kadang "no respond from remote...", tapi seringnya "...was terminated by remote computer..." tu apanya ya? note: sinyal dah nongol.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini kemungkinan setting dialupnya salah yang menyebabkan koneksi ditolak oleh server, biasanya pesan tsb muncul dengan jeda waktu prosess dial kira2 3detik (bila masalah pada sistem PC anda biasanya pesan muncul sangat cepat kira2 1detik).
      coba pake setting standar isp.

      Hapus
    2. tambahan, atau mungkin server isp sedang sibuk atau ada gangguan karena statusnya "koneksi sudah terhubung ke remote computer (komputer server)"

      Hapus
  14. permisi gan mau numpang nanya.......kalo masalah saya : connet ok. tes modem di PC lain ok. tapi kalo di laptop kok ga bisa browsing. awalnya ada feedback masalah VIRTUAL MEMORY tapi udah di naikin nilainya tapi tetap aja ga bisa, lewat CMD sama aja trus pake software "completed internet repair "buat perbaiki settingan tapi tetap juga ga bisa. ane udah khabisan akal nih gan......minta pencerahannya yah....thx. btw XP sp3

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk masalah ini penyebabnya sangat beragam, tetapi virtual memori mungkin berpengaruh pada beban system bukan pada koneksi, coba cek setting tcpnya sbb link: TCP ikuti setting pada gambar atau hapus network koneksi lama yang anda pakai saat ini lalu buat koneksi baru.

      lalu coba cek menggunakan tcp viewer Download tcp viewer untuk tau bagaimana cara atau apakah browser melakukan bypass saat memperoleh koneksi internet, bila tidk menggunakan setting khusus, maka umumnya sambungan langsung mengarah ke localhost, bila terdeteksi menggunakan proxy maka coba ingat2 apakah anda menggunakan software sejenis proxy? krn bila peroxy tidak bekerja maka tidak bisa browsing.

      Hapus
  15. Gan mohon bantuannya nih, kemarin sy sdh beli modem smartfren yg model baru AC692, itu sy sdh install sampai mau connect, begitu masuk mozilla dan coba2 masuk fb, eh malah problem, dan begitu sy cek di "Open Network and sharing center" sy lihat di tulisan "Acces Type : No acces" padahal sdh connect loh di modemnya, mohon bantuanya ya,

    Thanks Before

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini permasalahan masih seputar driver, untuk maslah ini sudah sy bahas misalnya cek status pada properti, coba install ulang diver dari modemnya ya gan.

      Hapus
  16. bos punya masalah nih, pakai modem huawei, bisa conek kalo dalam kondisi CDMA, tapi kalo EVDO ngga bisa konek pakai kartu fren, tapi kalo pakai flexi bisa conec di EVDO...

    mohon masukannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk penyebapnya bisa dilihat dari pesan yang ditampilkan saat tidak bisa konek, coba di cek setting dialup,username dan pasword. saat melakukan proses koneksi pada aplikasi, apakah pada open network juga melakukan prosess koneksi.

      Hapus
  17. bos kalo main game fb itu cuma loading gg msuk keperminan itu apa masalahnya, jadi stelah 100 persen loading berhenti

    BalasHapus